Makalah Pengeluaran Pemerintah dan APBN 2016

5:17:00 PM


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kebijakan fiskal merupakan salah satu kebijakan dalam perekonomian yang dilakukan oleh pemerintah melalui instrumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pengertian anggaran dari sudut pandang ekonomi adalah pemenggalan tujuan perusahaan yang kemudian dipecah dalam rencana strategi tahunan dalam rangka mewujudkan tujuan perusahaan, rencana tahunan tersebut adalah anggaran yang merupakan kendali jalannya perusahaan agar sesuai dengan yang diharapkan.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah :
1.      Apa yang dimaksud dengan pengeluaran pemerintah?
2.      Apa yang dimaksud dengan APBN?
3.      Bagaimanakah Fungsi dari APBN?
4.      Apa saja ciri-ciri APBN Indonesia?

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengeluaran Pemerintah
Pengeluaran pemerintah merupakan salah satu unsur permintaan agregat. Konsep perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran menyatakan bahwa Y=C+I+G+X-M.

B.     Pengertian APBN
Anggaran Pendapatan dan  Belanja Negara (APBN) adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). APBN berisi daftar sistematiis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran (1 Januari - 31 Desember).
·         Fungsi APBN
APBN merupakan instrument untuk mengatur pengeluaran dan pendapatan Negara dalam rangka membiayai pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan, mencapai pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pendapatan nasional, mencapai stabilitas perekonomian dan menentukan arah serta prioritas pembangunan secara umum.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Pengeluaran pemerintah merupakan salah satu unsur permintaan agregat. Konsep perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran menyatakan bahwa Y=C+I+G+X-M.

DAFTAR PUSTAKA

Arif Gunawan. 2015. Pengeluaran Pemerintah. http://pakguruhonorer.Blog spot. co.id/2015/06/makalah-pengeluaran-pemerintah.html (diakses tang gal 03 Desember 2015)







Previous
Next Post »
0 Komentar