Makalah ETIKA BISNIS BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA 2016

12:03:00 PM

A.     Pendahuluan
Etika sebagai disiplin ilmu berhubungan dengan kajian secara kritis tentang adat kebiasaan, nilainilai, dan norma perilaku manusia yang dianggap baik atau tidak baik. Dalam etika masih dijumpai banyak teori yang mencoba untuk menjelaskan suatu tindakan, sifat, atau objek perilaku yang sama dari sudut pandang atau perspektif yang berlainan.

B.     Pembahasan
1.     Pengertian Etika Bisnis
Etika Bisnis merupakan salah satu bagian dari prinsip etika yang diterapkan dalam dunia bisnis. Istilah etika bisnis mengandung pengertian bahwa etika bisnis merupakan sebuah rentang aplikasi etika yang khusus mempelajari tindakan yang diambil oleh bisnis dan pelaku bisnis. Etika bisnis adalah etika pelaku bisnis.

2.     Sasaran dan Ruang Lingkup Etika Bisnis
Setelah melihat penting dan relevansi etika bisnis ada baiknya jika kita tinjau lebih lanjut apa saja sasaran dan lingkup etika bisnis itu. Ada tiga sasaran dan ruang lingkup pokok etika bisnis di sini, yaitu:
a.       Etika bisnis sebagai etika profesi membahas berbagai prinsip, kondisi, dan masalah yang terkait dengan praktek bisnis yang baik dan etis. Dengan kata lain, etika bisnis pertama-tama bertujuan untuk menghimbau para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis secara baik dan etis.

3.     Etika Dalam Perspektif Pancasila
4.     Peran Pancasila Sebagai Sumber Etika Bisnis dan Profesi
5.     Nilai Setiap Sila Pancasila dalam Etika Bisnis dan Profesi


C.      Kesimpulan
Etika sebagai disiplin ilmu berhubungan dengan kajian secara kritis tentang adat kebiasaan, nilainilai, dan norma perilaku manusia yang dianggap baik atau tidak baik. Dalam etika masih dijumpai banyak teori yang mencoba untuk menjelaskan suatu tindakan, sifat,

DAFTAR PUSTAKA

Keraf, A. Sonny. Etika Bisnis. Edisi Baru Cetakan Ke-9. Kanisius: Yogyakarta. 2005









Previous
Next Post »
0 Komentar